Isikan NUPTK yang ingin di cari dalam daftar calon peserta
<!-- soalukg-728x90
» Soal UKG Online
Soal : Latihan Soal UKG Online Biologi Mata Pelajaran : Biologi Jenjang : SMA
Cara mengerjakan Latihan Soal UKG Online Biologi SMA , gunakan tombol yang berada di atas kotak soal. Tombol-tombol ini hampir sama dengan yang digunakan dalam Software resmi UKG Online, ini tentu akan sangat bermanfaat untuk Bapak/Ibu guru ketika mengerjakan soal UKG Online nanti.
Berikut ini Soal Latihan Soal UKG Online Biologi SMA,
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
lembar soal dan lembar jawaban
lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Tidak ada jawaban
00:00:00
1.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
Tidak ada jawaban
hasil karya
portofolio
kognisi
proyek
2.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
3.
Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:
Tidak ada jawaban
hasil karya
portofolio
kognisi
proyek
4.
Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
5.
Tindakan yang mungkin dilakukan manusia untuk mencegah dampak negatif dari bioteknologi adalah ....
menggunakan pestisida pekat untuk memberantas hama
menggunakan bibit lokal supaya tanaman lebih adatif
meningkatkan produksi, dengan melaksanakan pemupukan dengan pupuk buatan
memanfaatkan mikroorganisme transgenik, dalam pengelolaan limbah
untuk menghambat perkembangbiakan hama dilakukan system monokultur
6.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:
Membaca
Menjawab
Menyanyi
Menguasai
Tidak ada jawaban
7.
Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:
Eksplorasi
Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Elaborasi
Refleksi
8.
Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab ...
terbentuk fragmen okazaki
dikatalisis oleh enzim DNA polimerase
Tidak ada jawaban
proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
proses replikasi terjadi secara semikonservatif
9.
Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:
skala nominal
angka
interval skor
Tidak ada jawaban
skala ordinal
10.
Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?
Surat kabar
Video
Modul
Buku
Tidak ada jawaban
11.
Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:
Sumber
Saluran
Penerima
Pesan
Tidak ada jawaban
12.
Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
13.
Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...
mengulangi isi buku pelajaran
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
memperbanyak halaman LKS
Tidak ada jawaban
14.
Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Tidak ada jawaban
15.
Prosedur memanfaatkan media kecuali:
Pengumpulan bahan
Persiapan
Pelaksanaan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
16.
Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:
Radio
Audio
Film
Tidak ada jawaban
Video
17.
Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?
Menyita waktu
Tidak layak
Sulit
Mahal
Tidak ada jawaban
18.
Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:
Sumber referensi
Alokasi waktu
Identitas mata pelajaran
Indikator
Tidak ada jawaban
19.
Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
Tidak ada jawaban
20.
Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:
Model
Foto
Gambar
Realita
Tidak ada jawaban
21.
Tahap pertama dari sintesis protein adalah DNA mentranskripsi RNA duta.
Tahapan berikutnya:
1. RNAt membawa asama amino sesuai dengan kodon
2. RNAd pergi ke ribosom
3. RNAt mentranslasi kodon
4. Asam amino berderet-deret di ribosom
5. Protein yang diinginkan telah disusun
Urutan tahap yang benar adalah ....
1, 3, 2, 4, dan 5
2, 1, 3, 4, dan 5
3, 1, 2, 4, dan 5
3, 2, 1, 4, dan 5
2, 3, 1, 4, dan 5
22.
Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:
uraian materi
Tidak ada jawaban
tes formatif
rangkuman
kunci jawaban
23.
Manfaat media pembelajaran kecuali:
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Tidak ada jawaban
Memberikan hiburan kepada siswa
24.
Beberapa cara penulisan ilmiah:
1. Terdiri dari dua kata bahasa latin atau yang dilatinkan.
2. Kata pertama dimulai dengan huruf besar, kata kedua dimulai dengan huruf kecil.
3. Penulisan kata pertama dengan kedua disambung.
4. Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung.
5. Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus.
6. Nama penemunya, tidak boleh dicantumkan.
Cara penulisan binomial nomenklatur yang benar adalah….
1-2-3-6
2-3-5-6
1-2-3-5
2-4-5-6
1-2-4-5
25.
Manakah yang tergolong materi fakta ?
Ciri-ciri makhluk hidup
Hukum Archimedes
Prosedur menabung
Tidak ada jawaban
Peristiwa gempa bumi
26.
Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:
Tidak ada jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
lembar soal dan lembar jawaban
lembar jawaban
27.
Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:
Tidak ada jawaban
perancangan
pengembangan
produksi
evaluasi
28.
Fungsi bahan ajar modul/LKS
Tidak ada jawaban
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
29.
Seorang peneliti menyilangkan galur murni kacang kapri berbiji bulat berwarna kuning (BBKK) dan biji keriput warna hijau (bbkk). Persilangan dilakukan sampai mendapatkan keturunan F2 yang menghasilkan biji sejumlah 3200 buah. Secara berurutan, jumlah biji bulat warna kuning dan biji keriput warna hijau adalah….
200 dan 600
1800 dan 200
200 dan 1800
200 dan 1200
600 dan 200
30.
Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:
Tidak ada jawaban
Objek
Interaktif
Permainan
Penyaji
31.
Kriteria utama dalam memilih media:
Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Tidak ada jawaban
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
32.
Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:
bagian awal
bagian akhir
bagian inti
bagian penutup
Tidak ada jawaban
33.
Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses...
pembelahan sel
Tidak ada jawaban
replikasi
translasi
transkripsi
34.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...
siswa kurang dapat bekerja sama
pembelajaran bermakna
motivasi belajar anak meningkat
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
35.
Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
36.
Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali .....
basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen
Semua jawaban salah
basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
37.
Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
Tidak ada jawaban
nukleotida penyusun DNA
jumlah basa yang menyusun DNA
urutan basa-basa yang menyusun DNA
ikatan basa – gula – fosfat
38.
Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:
memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
39.
Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:
Identifikasi kebutuhan
Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
40.
Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara ...
melakukan pembelahan sel
Tidak ada jawaban
menentukan fenotip
mensintesis protein
menentukan genotip
41.
Bahan rendah kalori untuk penderita diabetes mellitus sebagai pengganti gula/pemanis adalah…
dulsin
protease
sakarin
glukosa
maltosa
42.
Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:
Strategi
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Materi
Tujuan
43.
Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal
kisi-kisi cetak baru
kisi-kisi
Tidak ada jawaban
blue print
kalibrasi
44.
Pada penyilangan bunga Linaria marocana bunga merah (AAbb) dengan bunga putih (aaBB) meng-hasilkan bunga ungu (AaBb). Apabila F1 disilang-kan dengan bunga merah (Aabb), berapakah rasio fenotip F2 nya antara ungu:putih:merah?
3 : 2 : 3
6 : 2 : 8
12 : 3 :1
9 : 4 : 3
9 : 3 : 4
45.
Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:
Tidak ada jawaban
sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
tersedia tipe tugas atau latihan
46.
Kingdom plantae terdiri dari: Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta. Ciri-ciri Bryophyta yang membedakan dari Pteridophyta adalah...
berkembangbiak dengan spora, fase sporofit lebih dominan
akar, batang, dan daun jelas, memiliki kumpulan sporangium
gametofit berumur lebih panjang dan sporofit, belum memiliki pembuluh angkut
mempunyai daun steril dan daun fertile, yang berfungsi untuk membentuk spora
mengalami pergiliran keturunan, sporanya lebih dari 2 macam
47.
Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:
Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teknik pembelajaran
48.
Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer
Akses
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Tidak ada jawaban
Biaya
49.
Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
50.
Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2007
51.
Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.
mencipta
Tidak ada jawaban
menilai
menganalisis
mensintesis
52.
Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:
Tidak ada jawaban
memasangkan gambar dengan kata
melakukan percobaan
menjawab soal-soal
meringkas buku
53.
Apa arti guru reflektif?
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
54.
Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:
kognitif
psikomotorik
Tidak ada jawaban
afektif
tertulis
55.
Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:
lembar observasi
daftar pertanyaan
Tidak ada jawaban
skala sikap
skala penilaian diri sendiri
56.
Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...
Materi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Strategi
Tujuan
57.
Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:
ilustrasi
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
Tidak ada jawaban
bahasa
58.
Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
menguji coba butir instrumen
merumuskan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
59.
Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:
Model
Tidak ada jawaban
Realia
Mock up
Simulator
60.
Perhatikan persamaan reaksi berikut ini:
C6H12O6 → 2 C2H5OH + 2 CO2 + E
Reaksi di atas dilakukan oleh Saccharomyces sp pada keadaan…
aerob
banyak cahaya
aerasi baik
gelap
anaerob
61.
Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:
pengembangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
perancangan
produksi
62.
Proses pembentukan organisme baru, yang secara alamiah tidak mungkin terjadi di alam dapat diperoleh dengan cara teknik rekayasa genetika. Teknik rekayasa genetika didukung/ ditunjang oleh adanya hal-hal berikut, kecuali ....
Terima Kasih anda telah mengerjakan Latihan Soal UKG Online Biologi SMA. Jika anda ingin Berlangganan mendapatkan kiriman Soal-Soal terbaru dari soalukg.com langsung ke Email anda. Silahkan tulis Email anda di form berikut ini dan jangan lupa cek kotak masuk email Anda untuk verifikasi
0 Komentar
Posting Komentar